Membuat sebuah grafik dengan data yang di ambil dari tabel

3/16/2011 Excel Modul Modul Office Excel Tips dan Trik
Pada latihan kita sebelumnya dalam memperlajari Microsoft Office Excel, sudah kit abuatkan tabel-tabel dan untuk kali ini Belajar Ilmu Komputer memberikan materi bagaimana membuat sebuah grafik dengan data yang di ambil dari tabel.

Sebagai contoh dalam praktek kita kali ini coba buatkan sebuah tabel seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

excel0

Tabel di atas menerangkan perkembangan jumlah siswa pada sebuah sekolah, mulai dari tahun 2001 hingga tahun 2005 dan dibedakan berdasarkan jenis kelamin (Pria dan Wanita).

Tugas kita setelah membuat tabel tersebut adalah membuat grafik dengan data yang diambil dari tabel tersebut.

Untuk membuat grafik dengan Microsoft Office Excel ikutilah langkah-langkah berikut ini. Langkah pertama, klik Menu Insert-Chart sehingga muncul jendela (window) Chard Wizard step 1 of 4. Ada dua pilihan bentuk grafik yaitu Standard Types dan Custom Types, Pilih standard type. Bila menghendaki bentuk lain silahkan mencobanya nanti dengan Custom types. Tentukan pilihan bentuk grafiknya pada Chart Type, sebagai bahan praktik kita kali ini coba gunakan tipe grafik Column dan sub typenya gunakan Clustered Column kemudian klik Next.

Pada langkah kedua (chart wizard step 2 of 4) kita menentukan data range dari sel B4 sampai sel D9 (lihat gambar).

excel1

Setelah itu klik Tab Series yang berada disebelah kanan Data Range, untuk menentukan format Series dan kategori X axis. Untuk Series1 ganti menjadi Pria caranya klik dulu satu kali pada kata Series1 kemudian klik pada kotak kecil disebelah kanan Name kemudian klik pada judul tabel Pria selanjutnya sekali lagi klik pada kotak kecil tadi untuk kembali ke jendela series.

Kemudian pada Value-nya tentukan dari sel C5 sampai C9 caranya, klik pada kata Pria satu kali kemudian klik kotak kecil yang berada di sebelah kanan kata Value kemudian tentukan range dari sel C5 sampai sel C9 dan terakhir klik pada kotak kecil tadi untuk kembali ke jendela series. Lakukan hal yang sama untuk Series2 menjadi Wanita serta data valuenya.

excel2

Untuk Category (X) axis labels tentukan dari sel B5 sampai sel B9, caranya klik kotak kecil di sebelah kanan kata Category (X) axis labels kemdian tentukan range mulai dari sel B5 sampai sel B9 dan terakhir klik kotak kecil untuk kembali ke menu series dan tekan Next untuk menempatkan judul grafik. Untuk Chart Title ketiklah sebuah judul untuk grafik yang telah kita buat, sebagai contoh ketik GRAFIK PERKEMBANGAN SISWA.

Untuk Category (X) Axis ketik TAHUN dan untuk Value (Y) Axis ketik Jumlah Siswa dan Klik Finish.

Grafik yang telah anda buat sudah muncul di lembar kerja Microsoft office excel, untuk penempatan grafiknya silahkan klik dan geser serta tempatkan di tempat yang sesuai.

selamat belajar…

KOMENTAR ANDA SANGAT BERMANFAAT BAGI PERKEMBANGAN BLOG INI

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment