Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

10/19/2009 TIK
PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai social, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.



PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Menurut Williams dan Sawyer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video. Dalam Wikipedia, teknologi informasi diartikan sebagai hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga:
ü lebih cepat
ü lebih luas sebarannya
ü lebih lama penyimpanannya

PERBEDAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada “bagaimana” suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan.
Teknologi informasi berkembang pesat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
1. Era komunikasi tulisan:
· 4000 SM bangsa Sumeria menulis dalam selembaran tanah liat yang digoresi/ditulisi menggunakan karang yang keras dan berujung tajam. Tulisan ini disebut tulisan Paku, karena bentuknya menyerupai paku.
· tahun 868 M sebuah buku cetakan sudah ditemukan orang di Cina.


Gambar 1. Tulisan Paku (sumber : www.e-dukasi.net)

· Pertengahan abad ke-11, seorang berkebangsaan Cina bernama Pi Sheng menemukan sejenis alat cetak buku sederhana. Huruf-huruf cetak aslinya terbuat dari semacam tanah yang tidak bisa tahan lama.
· Awal abad ke-15, orang-orang Korea menggunakan huruf cetak metal dan pemerintah Korea membantu sebuah pabrik peleburan untuk memproduksi huruf cetak.
2. Era komunikasi cetakan:
· Tahun 1456 Lazim Johann Gutenberg dianggap sebagai penemu mesin cetak. Apa yang sebetulnya dia lakukan adalah mengembangkan metode pertama penggunaan huruf cetak yang bergerak dan mesin cetak dalam bentuk begitu rupa sehingga pelbagai macam materi tulisan dapat dicetak dengan cepat dan tepat.
· Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika Serikat, dengan nama “Public Occurrenses Both Foreign and Domestick” di tahun 1690. Surat kabar tersebut diusahakan oleh Benjamin Harris, seorang berkebangsaan Inggris.
· Tahun 1839 Daguerre menemukan metode fotografi yang praktis untuk surat kabar
3. Era telekomunikasi elektrik
· Telegraph elektrik komersial pertama dibangun di Inggris oleh Sir Charles Wheatstone dan Sir William Fothergill Cooke. Jaringan telegraph elektrik ini beroperasi dengan jangkauan 21 kilometer di the Great Western Railway pada 9 April 1839. Kemudian pada pada 24 Mei 1844, Samuel Morse bersama Alfred Vail berhasil membangun suatu telegraph yang bisa merekam pesan ke dalam gulungan kertas. Sistem ini menjangkau 64 kilometer antara Washington, DC dan Baltimore. Pada tahun 1851, jaringan telegraph di Amerika berkembang hingga 32.000 kilometer. Selanjutnya pada 27 Juli 1866, jaringan kabel telegraph yang melewati lautan Atlantic (antara Amerika dan Eropa) selesai dibangun.
· Di Boston, Massachusetts, Alexander Graham Bell menemukan alat yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik pada tahun 1876. Alat ini disebut telepon. Bell disebut-sebut sebagai penemu telepon pertama. Namun, pada kongres AS di bulan Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon. Antonio Meucci yang berkebangsaan Italia telah terlebih dulu menciptakan telepon pada tahun 1849.
· Pada tahun 1878, James C Maxwell berhasil merangkumkan persamaan matematika yang mengatur perilaku medan magnet dan medan listrik secara elegan. Maxwell berdiri di atas para ilmuwan besar seperti Coulomb, Gauss, Faraday, Ampere, Biot, dan Savart. Berdasarkan persamaan Maxwell itu, Hertz kemudian Marconi (pada tahun 1895) mendemonstrasikan radio telekomunikasi, komunikasi tanpa kabel. Sejak itu para ilmuwan dan insinyur membuat kemajuan yang pasti dan menakjubkan untuk melakukan telekomunikasi tanpa kabel dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai gelombang pembawa dengan frekuensi yang semakin tinggi. Semakin tinggi frekuensi gelombang pembawa akan semakin lebar pita frekuensi. Itu berarti, semakin banyak informasi yang bisa dimuat.
· Pada tanggal 25 maret 1925 di London, John Logie Baird (Skotlandia) berhasil mengirimkan pesan berupa gambar siluet bergerak.
· Pada bulan Oktober 1925, Baird berhasil mengirimkan gambar bergerak yang sebenarnya atau televisi menggunakan Nipkow disk sehingga dikenal sebagai televisi mekanik. Selanjutnya, Baird berhasil membangun televisi berwarna menggunakan cathode-ray tubes.
4. Era komunikasi berbasis komputer
· Tahun 1946 penemuan mainframe computer, ENIAC dengan 18.000 vacuum tubes olleh Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat
· Tahun 1947 William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan pesawat radio transistor
· Tahun 1956 penemuan video tape oleh perusahaan Ampex, Redwood City, California, Amerika Serikat
· Tahun 1957 Rusia meluncurkan satelit angkasa luar pertama, SPUTNIK
· Tahun 1969 pesawat luar angkasa NASA berpenumpang manusia mendarat di bulan, dikendalikan oleh minicomputer yang besarnya 3000 kali lebih kecil dari ENIAC
· Tahun 1971 penemuan microprocessor, sebuah unit pengendali komputer (CPU) dengan semikonduktor chip oleh Ted Holf
· Tahun 1975 pemasaran microcomputer pertama, Altair 8800
· Tahun 1975 HBO (Home Box Office) mulai menyiarkan siaran TV kabel melalui satelit
· Tahun 1976 Sistem teletext pertama diperkenalkan oleh BBC dan ITV di Inggris
· Tahun 1977 Qube, system TV kabel interaktif pertama diperkenalkan di Columbus, Ohio, Amerika Serikat
· Tahun 1979 Sistem video text pertama diperkenalkan oleh British Post Office Inggris

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

salam kenal !!!
blognya keren banget !!!

boleh minta saran dan kritiknya dong untuk blog saya ...

http://dinda30.blogspot.com/

Balas