Sejarah Perkembangan TIK

9/10/2009 TIK

A. Penggolongan Alat Pengolah Data
Pengolahan data telah dilakukan oleh manusia sejak jaman dahulu kala. Manusia telah ditantang dengan suatu perhitungan-perhitungan untuk memecahkan bermacam-macam persoalan. Manusia telah berpikir untuk menemukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data dengan lebih cepat dan lebih tepat. Misalnya, kalkulator saku. Alat ini dapat melakukan perhitungan-perhitungan matematis, dapat memecahkan persoalan-persoalan keuangan, rumus-rumus, menghitung harga barang yang akan dijual, menghitung untungnya, dan lain sebagainya. Penggunaan alat ini sekarang terasa sudah tidak cukup memenuhi lagi. Manusia masih terus berusaha menemukan alat-alat baru yang lebih canggih. Komputer sekarang adalah jawabannya. Mungkin komputer di masa mendatang akan terasa sudah tidak mencukupi lagi. Kehadiran komputer tidak begitu saja muncul dengan tiba-tiba. Karena teknologi, dari mulainya alat-alat yang paling sederhana, dikembangkan setahap demi setahap sampai akhirnya hadir komputer.
Alat pengolah data mulai dari yang paling sederhana, sampai sekarang ini, dapat digolongkan ke dalam 4 golongan, yaitu:
1. Alat Manual, mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih  memegang peranan penting.
2. Alat Mekanik, yaitu alat yang digerakkan menggunakan tangan.
3. Alat Mekanik-elektronik, yaitu alat yang digerakkan dengan motor listrik.
4. Alat Elektronik, yaitu alat yang bekerja secara elektronik tanpa campur tangan manusia.


1. Alat Manual
Abacus, alat ini dianggap sebagai alat perhitungan digital pertama dan dapat digunakan untuk menghitung bilangan desimal. Di jepang disebut dengan Soroban, di Rusia disebut dengan Schyoty, di Yunani disebut dengan Abakoin, di Cina disebut dengan Suan pan, dan kita mengenalnya dengan Sempoa.
Napier’s Bones, alat yang dibuat dari tulang untuk menghitung perkalian yang diciptakan oleh John Napier (1550-1617) ahli matematika Scotlandia.
2. Alat Mekanik
Schikard’s Calculator, Mesin ini dirancang berdasarkan pada Napier’s Bones yang dapat melakukan perkalian, pembagian, menghitung logaritma dan sebaliknya.
The Pascaline, mesin ini diciptakan oleh Blaise Pascal (1623-1662) dapat melakukan pertambahan dan pengurangan.
3. Alat Mekanik-Elektronik
Differential Analyser, alat ini merupakan komputer analog pertama untuk memecahkan persoalan persamaan diferensial. Mesin ini diciptakan oleh Dr. Vannevar Bush (1890-1974 di MIT (Massachussetts Institute of Technology)
4. Alat Elektronik
ABC (Atanasoff - Berry Computing), merupakan komputer pertama yang menggunakan komponen tabung hampa udara. Dibuat tahun 1939-1942.
Harvard Mark I ASCC, komputer ini mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Dibuat tahun 1937 secara mekanik elektronik, dan tahun 1944 secara elektronik, dibuat oleh perusahaan IBM. Berukuran tinggi 2,4 meter dan panjang 16,5 meter, dapat melakukan perhitungan pertambahan dan pengurangan sebanyak 23 digit angka dalam waktu 0.3 detik dan perkalian 23 digit angka dalam waktu 6 detik. Berisi 760.000 komponen (beberapa Switch dan tabung-tabung serta kira-kira 12.000 km panjang kabel.
B. Komputer Generasi Pertama
Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama di mulai tahun 1946. Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep stored program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer).
Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama
1. Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube).
2. Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin.
3. Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
4. Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
5. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
6. Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
7. Prosesnya kurang cepat.
8. Simpanan memorinya kecil.
9. Membutuhkan daya listrik yang besar.
Komputer generasi pertama yang selesai dibuat dengan nama ENIAC (Elektronical Numeric Integrator And Calculator). ENIAC mulai dibuat tahun 1942 di Moore School of Electrical engineering (Universitas of Pensylvania) oleh Dr. John W. Mauchly (1907-1979) dan J. Presper Eckert (Lahir tahun 1919).
ENIAC dibuat dengan tujuan utamanya membantu Angkatan Darat Amerika (US Army) untuk menghitung target sasaran bom, karena pada perang dunia ke-II, hanya 30% dari bom dapat mencapai sasaran dalam radius 300 m dari target.
ENIAC merupakan komputer berukuran besar, membutuhkan tempat lebih dari 500 m2, dan volume 105 m3, terdiri dari 18.000 tabung hampa udara, lebih dari 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor. Berat ENIAC lebih dari 30 ton.
ENIAC mampu melakukan 5.000 buah pertambahan 10 digit angka dalam waktu 1 menit dan mampu melakukan 300 buah perkalian dalam waktu 1 menit.
Komputer generasi pertama lainnya adalah:
HARVARDS MARK II UNIVAC I EDVAC
- Harvard Mark II, dibuat oleh perusahaan IBM, tahun 1946
- UNIVAC I (Universal Automatic Computer), dibuat oleh Sperry Rand – Univac, tahun 1949
- EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) dibuat oleh Moore School of Electrical Engineering.
- Datamatic 1000, dibuat oleh perusahaan Honey Well.
C. Komputer Generasi Kedua
Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua
1. Komponen yang dipergunakan adalah transistor, dikembangkan oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain di Bell Laboratories tahun 1947.
2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (misal FORTRAN, COBOL, ALGOL).
3. Kapasitas memori sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
4. Menggunakan simpanan luar magnetic core tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.
5. Ukuran fisik komputer lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
6. Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per detik.
7. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
Perusahaan DEC mulai menjual komputer mini yang pertama yaitu PDP-5, yang kemudian diikuti oleh komputer PDP-8.
Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untk aplikasi bisnis, IBM 1602 dan IBM 7094 untuk aplikasi teknik.
Komputer generasi kedua lainnya adalah:
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, dibuat oleh perusahaan Sperry Rand-Univac.
- Burroughs 200, dibuat oleh perusahaan Burroughs.
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, dibuat oleh perusahaan IBM.
- Honel Well 400, Honey Well 800, dibuat oleh pabrik Honey Well.
D. Komputer Generasi Ketiga
Mulai tahun 1964, perkembangan komputer telah begitu pesatnya dan dianggap sebagai awal generasi ketiga.
Ciri-Ciri Komputer Generasi Ketiga
1. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuit), yang berbentuk transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam satu tempat. Dibuat pertama kali pada tahun 1959 oleh Texas Instrument dan Fairchild Semiconductor.
2. Peningkatan dari software-nya.
3. Lebih cepat dan lebih tepat, kecepatan hampir 10.000 kali dari komputer generasi pertama. Ukuran kecepatan adalah micro seconds (jutaan operasi per detik)
4. Kapasitas memori lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5. Penggunaan listrik lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya.
6. Memungkinkan melakukan multi processing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multi programming, yaitu dapar mengerjakan beberapa program sekaligus.
7. Pengembangan dari alat visual display yang bisa menampilkan gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara.
8. Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
9. Mampu melakukan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya, misal lewat alat komunikasi telepon.
Pada tanggal 7 April 1964, IBM mengumumkan sebuah komputer baru, yaitu IBM S/360 atau IBM system 360, menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melaklukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun aplikasi teknik.
Komputer generasi ketiga lainnya adalah:
- UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dibuat oleh perusahaan Sperry Rand-Univac.
- Burroughs 5700, Burroghs 6700, dibuat oleh Perusahaan Burroughs.
- NCR seri Century, dibuat oleh Perusahaan National Cash Register.
- GE 600, GE 235, dibuat oleh perusahaan General Electric.
E. Komputer Generasi Keempat
Sejak tahun 1970, ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi keempat.
Yang pertama adalah, penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.
Yang kedua adalah, dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage.
- IBM 370, telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama.
- Intel Corporation telah berhasil mengembangkan micro processor yang disebut dengan 4004.
- IBM PC/XT, diperkenalkan oleh IBM pada Tahun 1981, Sistem operasi yang digunakan adalah MS DOS dan PC DOS.
- IBM PC/AT yang merupakan kelanjutan dari IBM PC/XT. Diperkenalkan pada tahun 1984, Sistem operasi yang digunakan adalah MS DOS dan PC DOS.
- Apple Macintosh, diperkenalkan oleh Apple Computer pada tahun 1984. Komputer ini dikenal karena sangat mudah digunakan (user friendly). Kemudahannya adalah karena menggunakan konsep GUI (graphic user interface), yaitu menggunakan sistem Windows, ikon-ikon, menu-menu dan panah mouse.
- IBM PC/386, IBM PC/486
- Pentium II, AMD K6-3D, Pentium III, Pentium 4, dan komputer keluaran terakhir.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments